7 Surga Snorkling di Indonesia

Ngomongin Snorkling pasti berhubungan dengan berenang di laut dan melihat ikan. Indonesia adalah negara kepulauan dengan beranekaragam jenis terumbu karang dan ikan. Bagi yang bisa berenang dan suka snorkling pasti bersyukur banget hidup di Indonesia karena limpahan keindahan alam bawah lautnya. Kali ini saya akan share 7 tempat yang surga banget buat snorkling bukan diving loh ya atau freediving, cukup snorkling tapi bisa melihat indahnya bawah laut. Jika saya sebut Raja Ampat pasti tidak ada yang tidak kenal dengan tempat surga atas laut dan bawah laut itu. Jika Raja Ampat masih terlalu jauh dan mahal buat kamu maka yang akan saya sebutkan di bawah ini cukup terjangkau dengan kantong dan jarak. 7 Surga snorkling versi BEGO Adventure,

1. Kepulau seribu bagian utara ( pulau perak, kayu angin bira dan sekitarnya )

Kepulau seribu bagian utara bisa jadi pilihan snorkling yang dekat dan murah meriah. Jika kamu tinggal di jakarta maka tinggal naik angkot ke muara angke kemudian cari trip gabungan yang sedang menuju pulau perak atau sekitarnya. Jenis ikan yang ada di kepuluan seribu bagian utara ini juga sangat beragam serta koralnya yang masih cantik dan belum banyak yang rusak karena ulah manusia. Tak hanya hardcoral yang warna- warni namun juga softcoral yang melambai- lambai menambah anggunnya bawah laut di sini. Semoga masyarakat sekitar akan terus menjaga kawasan bawah laut daerah ini.

schooling fish

 

2. Pulau Pahawang

Sebuah kepulauan di daerah Ketapang Lampung Selatan, jalur ini searah ketika ingin ke Kiluan melihat dolphin. Pahawang kini menjadi surga baru bagi para penikmat snorkling. Air yang jernih dan bening sebening kristal serta ikan yang berwarna warni membuat daya tarik bagi pengunjung. Tak perlu diving karena dari kedalaman 2-4 meter sudah terlihat ribuan ikan cantik berenang kesana kemari. Bagi yang suka NEMO seperti saya akan sangat meleleh melihat nemo bertebaran dimana- mana bahkan di depan homestay yang terkenal di tanjung putus pada kedalaman 1 meter bisa melihat nemo dari permukaan saja. Jika berangkat dari jakarta maka untuk menuju Pahawang pun tidak terlalu jauh dan mahal, dengan mempersiapkan budget 500 ribu maka sudah bisa menikmati alam bawah laut yang indah di Pahawang.

 

3. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan adalah sebuah pulau sakral bagi umat hindu di Bali. Letaknya di ujung barat pulau Dewata ini menjadikanya kurang di sorot wisatawan terlebih wisatawan dalam negri yang mulai mengenal pulau menjangan baru- baru ini karena pesona bawah lautnya. Warga bali sendiri berkunjung ke pulau Menjangan ini dikarenakan kewajibannya untuk beribadah. Selain cukup dekat dari pulau Jawa untuk kesini juga bisa sekalian jalan jalan keliling Bali hingga puas. Bicara tentang keindahan bawah lautnya saya sendiri cuma bisa berdecak kagum melihatnya. Kondisi airnya yang masih jernih serta ikan yang ramah terhadap pengunjung sehingga penikmat snorkling merasa di manjakan oleh ikan- ikan cantik. Untuk kedalaman dan visibility menikmati coral serta ikan jangan khawatir karena pada 1-3 meter keindahan alam bawah lautnya sudah bisa di lihat dengan jelas.

742386375773709 742383339107346 742379709107709 742368709108809 737869942892019 737869836225363 737860576226289

 

4. Pantai Tulamben

Masih di pulau Dewata, ya Pantai Tulamben yang terletak tak jauh dari singaraja dan masih sangat jarang di kunjungi wisatawan. Saya tidak bisa banyak berkomentar tentang Tulamben karena saya sendiri masih bermimpi segera kesana. Berikut ini akan saya share keindahan video karya temen saya yaitu Agus Hong.

Gus pinjam video nya yak…

5. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa, sebuah surga kecil di Ujung Barat Sumbawa. Dulu sepintas membaca nama kenawa masih sangat asing ketika ada sebuah tulisan di blog om tekno bolang www.lostpacker.com yang menceritakan keindahan pulau Kenawa. Dari penasaran itulah ada keinginan untuk mengunjungi pulau Kenawa ini. Sebuah pulau kecil dengan padang savana yang indah serta gundukan bukit seolah itu lah puncak tertinggi di Kenawa. Di bawahnya juga terlukis dengan indah pemandangan karang dan ikan di sela sela air yang jernih. Kalau yang suka dengan wall/ dinding coral maka datanglah ke Kenawa karena di sini dindingnya sungguh aduhai.

737470699598610

737818672897146

737824292896584

737860069559673

 

6. Pulau Alor

Kepulauan paling Timur Nusa Tenggara ini mempunyai keistimewaan air lautnya yang sangat jernih dan bening sebening kristal. Sebagai pertemuan arus hangat dan arus dingin membuat kawasan laut di Alor di singgahi berbagai ikan dari seluruh penjuru samudra australia. Konon sering di lewati oleh ikan Hiu dan ikan Paus ketika bulan Juli- Agustus, pada musim yang sama juga dolphin bersliweran di perairan ini. Saya beruntung banget ketika baru tiba di Alor sudah di sambut tarian dolphin di teluk kalabahi. Untuk pesona bawah lautnya saya tidak akan berbicara banyak karena saking bingungnya mau bercerita semacam apa.

 

887583891253956 886677651344580 Bubu alat penangkap ikan di Alor G0682339

 

7. Kepulauan Wakatobi

Wakatobi juga merupakan salah satu daerah yang termasuk segitiga coral dunia. Barisan terumbu karang Wakatobi merupakan terpanjang kedua di dunia setelah Great Barrier Reef di Australia! Dan, yang lebih heboh, 750 dari 850 jenis terumbu karang dunia ada di Wakatobi! Jika pemerintah serius, dari sektor pariwisata bahari saja Wakatobi sudah bisa menjadi destinasi kelas dunia! ( text copy dari www.wiranurmansyah.com ), saya sendiri bingung gimana mau jelasin versi kata- kata saya sendiri wong saya belum pernah ke wakatobi. semoga soon as posible đŸ˜€

Video saya ambil dari indonesia.travel

ingin lebih puas membaca tentang WAKATOBI silahkan kunjungi blog kawan saya wiranurmansyah.com

You may also like...