Waterfall On Earth

waterfall atau nama kerennya adalah air terjun, ya air terjun adalah air yang jatuh atau terjun dari atas. karena indonesia ini adalah negara kepulauan dan negara dengan di lalui jalur api dunia maka banyak gunung gunung yang tertancap di tanah indonesia ini. Sebagian besar air terjun terletak di kaki kaki gunung dengan mata air yang bening dan bersih. berikut ini beberapa air terjun yang ada di indonesia.

 

1. Mini air terjun gunung puntang

air terjun sesungguhnya adalah air terjung siliwangi yang terletak di gunung puntang jawa barat. Karena saya sendiri tidak sampai di air terjun siliwangi dan cuma mendapat mini air terjun ini maka inilah yang dapat saya share. Gunung puntang terletak di kabupaten bandung selatan. Letaknya yang tak jauh dari buah batu atau dayeuhkolot ini dapat di tempuh dengan sepeda motor. Untuk treking menyisir sungai gunung puntang ini memang tak mudah dan harus hati hati.

 

2. Air terjun jumog

Air terjun jumog ini merupakan air terjun mata air pegunungan, letaknya di kaki gunung lawu dapat di tempuh dari solo menuju desa ngargoyoso. Dengan lama perjalanan 30menit dari kota solo menjadikan air terjun jumog ini sebagai wisata favorit bagi warga solo dan sekitarnya.

 

3. Air terjun cikaso

Air terjun cikaso memang indah dan menawan, tebing yang besar dan cukup tinggi ini membuat aliran airnya tidak terpusat pada satu aliran. Ada tiga air terjun bersebelahan di cikaso ini.  Air terjun ini terletak di daerah surade sukabumi, searah dengan tujuan pantai ujung genteng.

 

4. Air terjun ciparay

menuju air terjun ini memang sangat tidak mudah, jalanan menanjak bebatuan dan aspal yang sudah rusak membuat mobil biasa susah untuk menjangkaunya. Akan lebih baeknya jika menuju air terjun ini dengan sepeda motor adventure. Terletak di balik gunung galunggung tasikmalaya air terjun ini sangat jarang di kunjungi wisatawan, hanya beberapa warga sekitar yang akan mencari wangsit atau petunjuk dari setan dengan membawa sesaji.

 

5. air terjun sekumpul

air terjun ini juga tak mudah untuk di jangkau, letaknya di pedalaman daerah pulau dewata. Dari denpasar untuk menuju air terjun ini adalah menuju arah singaraja, terletak di desa lemukih singaraja. jalan terjal dan berbatu yang membuat akses menuju air terjun ini sulit untuk di capai. Namun keindahan air terjun ini tak bisa di ragukan lagi, terlihat di foto bahwa pada musim hujan terdapat dua air terjun yang berbeda warna airnya, yaitu coklat keruh dan bersih bening.

 

6. Air terjun melanting

pulau dewata tak hanya menyajikan keindahan pantai dan pura, namun banyak sekali air terjun yang indah dan bersih karena tak terjamah manusia. letak air terjun melanting ini adalah searah ketika akan ke kawasan wisata bedugul, setelah melewati tanjakan diatas danau ada jalan ke kiri maka ambilah jalan kekiri itu dan ikuti jalannya maka akan kamu temui air terjun munduk dan melanting.

 

7. Air terjun munduk

air terjun munduk ini letaknya berdekatan dengan air terjun melanting. akses yang relatif mudah menuju air terjun ini membuat banyak turis banyak berkunjung kesini. pada musim hujan pun air nya tak berubah menjadi keruh, masih bening dan segar untuk di lihat.

 

8. Aer terjun parang ijo

air terjun ini terletak diatasnya air terjun jumog, letaknya kira kira 15 menit dari jumog. suasana di air terjun ini mirip dengan air terjun jumog yaitu banyak spot yang enak untuk bersantai. penataan oleh pemerintah daerah karang anyar seudah apik dan manis.

 

9. Air terjun mini batu bedugul

air terjun mini ini terletak di perbukitan “bukit tunggul” yang tak jauh dari kota bandung. butuh satu jam dari dago bandung untuk menuju daerah ini. suasana pegunungan juga terasa di sini hawa yang dingin serta perkebunan teh yang menjadi pemandangan menuju bukit tunggul memanjakan mata agar tak bosan.

 

10. Air terjun cibeureum

air terjun yang terletak di kaki gunung gede ini mempunyai keindahan yaitu ada 3 air terjun yang letaknya berdampingan agak jauh. debit air yang besar membuat air terjun ini begitu gagah dan kuat. Karena debit air yang besar untuk mengabadikan momen slowspeed pun menjadi lebih susah.

 

11. Air terjun seribu (grojogan sewu)

warga sekitar menyebutnya grojogan sewu yang artinya cucuran air yang jatuh sebanyak seribu, entah sapa yang menghitung berapa jumlah airnya saya juga tidak tau kok namanya grojogan sewu. ketinggian air terjun seribu ini katanya hampir seratus meter, karena debit air yang besar membuat air terjun ini begitu indah

 

12. Air terjun sendang gila

air terjun yang terletak di lombok ini memang menyajikan keindahan air yang sangat bening serta sejuk. air terjun bertingkat serta kembar ini memang sangat indah, serta aliran sungainya yang berwarna biru keunguan karena saking beningnya mata air di air terjun ini.

 

13. Air terjun gunung sawal

terletak di kaki gunung sawal ciamis, pada saat musim kering air terjun ini memang debitnya menjadi sedikit. kata penjaga loket di kaki gunung sawal ini mempunyai 7 air terjun yang letaknya cukup dekat. namun dalam explore saya waktu itu menemukan beberapa air terjun yang debit airnya sangat kecil sehingga kurang menarik di dokumentasikan.

 

14. Air terjun gendang

terletak di ujung pulau jawa air terjun ini tak sebening air terjun yang lain karena letaknya yang di sungai pedesaan bukan kaki gunung. namun karena sungai yang belum terjamah banyak orang membuat air terjun ini masih relatif bening dan bersih. Akses menuju air terjun ini adalah dengan bertandang ke pantai carita terlebih dahulu kemudian ke arah vila perhutani yang terletak di dekat pantai carita.
15. Air terjun TNGP
air terjun ini saya tidak tau nama aslinya apa, karena letaknya di tengah perjalanan menuju puncak gunung gede maka saya anggap namanya air terjun TNGP. jika kamu seorang pendaki gunung maka cobalah untuk mendaki gunung gede di bogor. Sajian air terjun ini akan kamu temui di tengah perjalanan mendaki via cibodas.

You may also like...

Leave a Reply